Jumat, 24 Agustus 2007

Topeng Emas Berusia 2.400 Tahun Ditemukan

Sebuah topeng emas berusia 2.400 tahun kembali ditemukan dari sebuah makam kuno di timur laut Bulgaria. Para arkeolog yakin topeng tersebut adalah peninggalan Raja Thracia.

Topeng tersebut ditemukan akhir pekan lalu bersama dengan sebuah cincin emas yang dihiasi tulisan Yunani Kuno dan sosok pria berjenggot. Para peneliti juga menemukan barang-barang peninggalan lainnya dari perak dan perunggu.

"Temuan ini membuktikan asumsi bahwa barang-barang tersebut adalah bagian dari pemakaman yang mewah Raja Thracia," ujar Margarita Tacheva, seorang profesor yang terlibat penggalian di Desa Topolchane, 288 kilometer arah timur ibukota Bulgaria, Sofia. Artefak-artefak yang menyertainya merupakan barang-barang milik seorang penguasa Thracia dari akhir abad 4 sebelum Masehi yang dikuburkan di sana.

Menurut Georgi Kitov, ketua peneliti yang menemukan topeng emas dimakam tersebut, peradaban Thracia seumur dengan perdaban Yunani. Bangsa Thracia hidup di wilayah yang sekarang Bulgaria dan bagian dari peradaban modern seperti Yunani, Romawi, Macedonia, dan Turki antara 4.000 tahun sebelum Masehi hingga abad ke-8. Peradaban Thracia mulai menghilang karena proses asimilasi sejak dijajah Slavia.

Raja Thracia dikenal dengan kehidupan yang mewah sehingga peninggalannya dapat ditemukan tersebar di seantero Bulgaria. Para arkeolog menyebut salah satu wilayah di Bulgaria tengah sebagai Lembah Raja-raja Bulgaria seperti penyebutan untuk Lembah Raja-raja dekat Luxor, Mesir. Pada tahun 2004, sebuah topeng emas berusia 2.400 tahun juga ditemukan di salah satu makam di area yang sama

Tidak ada komentar: