Jumat, 24 Agustus 2007

Karbohidrat Dapat untuk Nyalakan "Walkman"

Tokyo (ANTARA News) - Roti dan kentang adalah sumber tenaga bagi manusia dan kini, karbohidrat pun dapat digunakan untuk menyalakan Walkman (pemutar musik jinjing).

Perusahaan elektronika asal Jepang Sony dalam usahanya menjadi ramah lingkungan mengembangkan jenis batere, yang membangkitkan listrik dengan karbohidrat dan gula.

Sel percobaan telah mampu menghasilkan daya 50 miliwat dan daya itu cukup untuk menyalakan Walkman, kata Sony.

Dalam unjuk kemampuan pada Kamis, seorang pegawai Sony menuang minuman manis untuk berolahraga guna menyalakan Walkman dan pengeras suaranya.

Perusahaan itu mengatakan pemikiran mereka muncul setelah meneliti cara mahluk hidup membangkitkan enerji.

Batere dari gula dapat hancur secara alamiah di alam dan sumber bahan tersebut ada di tumbuhan, yang ditanam di seluruh dunia.

Tanaman tumbuh kembali lewat fotosintesis dan itu menggarisbawahi kemungkinan bahwa batere berbahan gula adalah peralatan enerji masa depan, yang ramah lingkungan, kata pernyataan Sony.

Sony mengatakan akan terus mengembangkan contoh tersebut dan mempelajari jalan agar batere itu dapat dibuat besar-besaran.

Sony, lewat buatannya, Walkman, mengubah cara dunia dalam mendengarkan musik.

Perusahaan itu berikrar kembali mengabdikan diri bagi penemuan setelah mengalami kesulitan dalam menahan keberhasilan iPod dari Apple.

Sony pada tahun lalu juga dihantam penarikan jutaan batere komputer jinjing menyusul kekhawatiran bahwa batere itu bisa terbakar, demikian AFP.(*)

Copyright © 2007 ANTARA

Tidak ada komentar: