Jumat, 24 Agustus 2007

Pohon Langka Seharga Rp. 380 Juta

Pengunjung pameran Flora-Fauna 2007 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, terkejut melihat satu pohon yang dijual dengan harga Rp. 380 juta.

“Wah gila ya, harganya melebihi harga mobil. Padahal cuma sebatang pohon doang,”tutur Ny. Rohdiani, warga Sunter, Jakarta Utara, Minggu (12/8). Pohon unik tersebut milik Stan Godong Ijo Nursery, dan koleksi dari seorang pengusaha Chandra Gunawan Indarto.

Jenis pohon langka tersebut bernama Arabicum Big asal Thailand. Pohon unik dan termahal di pameran Flora-Fauna 2007 tersebut berbonggol besar, bercabang banyak, tingginya sekitar 1 meter dan berdaun kecil-kecil sejenis bunga crisbum.

Selain itu pohon unik tersebut berbunga setiap 6 bulan sekali, dengan warna bunga merah muda. Usia pohon hampir 20 tahun dan hidup di daerah panas. Media yang digunakan agar pohon tersebut dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik yaitu menggunakan arang sekam, pasir Malang, kokopit dan zeolit.

“Untuk musim panas proses penyiramannya 2-3 kali seminggu. Pada musim hujan cukup sekali seminggu. Pohon Arabicum Big memerlukan cahaya matari yang optimal,” ujar Aries Prasetyo, Asisten Marketing Manager, Stan Godong Ijo.

Awalnya Chandra Gunawan Indarto hanya mengkoleksi pohon tersebut sebagai hobi, kemudian dikembangkan dan dijadikan lahan bisnis. Pohon unik yang dikembangbiakan dengan biji tersebut sering memenangkan kontes di tingkat pameran nasional.

“Semakin banyak cabang, variasi bentuk bonggol, batang semakin tinggi dan usianya makin tua, maka harga pohon Arabicum Big pun semakin mahal,” sambung Aries Prasetyo.

Perawatan pohon langka tersebut menurutnya terbilang mudah yaitu hanya memperhatikan masalah penyiraman yang tidak boleh telat, matahari yang optimal, penambahan pupuk dan media tanamnya harus sering diganti.

Di Indonesia yang memiliki pohon langka tersebut, selain Chandra Gunawan Indarto adalah Arifin Panigoro dan Andi Bintoro.[ant/jul].

Tidak ada komentar: