Jumat, 24 Agustus 2007

PLN Jajaki Beli LNG Iran

Jakarta (ANTARA News) - PT PLN (Persero) menjajaki pembelian gas alam cair (liquified natural gas/LNG) dari Iran untuk memasok terminal penerima gas (LNG receiving terminal) yang akan dibangun di Cilegon, Banten.

Direktur Pembangkitan dan Energi Primer PLN Ali Herman Ibrahim di Jakarta, Jumat malam, mengatakan sampai saat ini pihaknya masih pesimis bisa mendapatkan LNG dari Qatar.

"Qatar kelihatanya sulit karena mereka belum mau menambah pasokan. Karenanya, kami jajaki ke Iran," katanya. Menurut dia, pihaknya sudah mengirimkan surat resmi keinginan membeli LNG itu ke Iran.

Saat ini, lanjutnya, Iran merupakan salah satu negara yang memiliki kapasitas produksi LNG dalam volume besar. Kapasitas terminal LNG PLN itu mencapai sekitar 400 juta kaki kubik gas per hari (mile mile standard feet per day/MMSCFD).

Mengenai keinginan Pertagas mengikutsertakan PLN dalam pembangunan terminal LNG di di Jawa Timur, Ali mengatakan, pihaknya masih memfokuskan rencana pembangunan terminal LNG di Cilegon.

Saat ini, PLN tengah melakukan tender proyek terminal LNG tersebut. Namun, BUMN listrik itu masih menunggu kepastian pasokan LNG sebelum menetapkan pemenangnya.(*)

Copyright © 2007 ANTARA

Tidak ada komentar: