Senin, 20 Agustus 2007

BRTI Peringatkan PT Telkom Terapkan Kode Akses SLJJ "017"

Jakarta (ANTARA News) - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) memperingatkan PT Telkom Tbk untuk segera menerapkan kode akses telepon interlokal atau sambungan langsung jarak jauh (SLJJ) "017" paling sedikit di lima kota besar yaitu Jakarta, Surabya, Denpasar, Batam dan Medan.

"PT Telkom wajib untuk menerapkan kode akses SLJJ `017` paling sedikit di lima kota, selambat-lambatnya 27 September 2007," kata Dirjen Pos dan Telekomunikasi (Postel) Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) Basuki Yusuf Iskandar selaku Ketua BRTI di Jakarta, Senin, dalam surat BRTI yang dikirimkan ke PT Telkom pada 20 Agustus 2007.

PT Telkom juga diminta oleh BRTI untuk menyampaikan gambar lebih detil atas konfigurasi overlay antar softswitch seperti yang dipaparkan oleh PT Telkom dalam presentasinya tanggal 23 Juli 2007.

Sebelumnya, anggota BRTI Heru Sutadi mengatakan BRTI telah melayangkan surat pada 2 Januari 2007 untuk meminta laporan kesiapan Telkom mengubah kode akses.

BRTI juga mempertanyakan pembukaan interkoneksi di lima area telekomunikasi untuk layanan telepon interlokal dari operator lain yang juga memegang lisensi SLJJ.

"Kami minta Telkom tidak mengulur-ngulur waktu lagi," kata Heru.

PT Telkom sendiri belum dapat menerapkan kode akses SLJJ 017 karena terbatasnya kemampuan teknis central time division multiplexing (TDM) atau teknologi sinkronisasi.

Dalam kesempatan terpisah Dirut PT Telkom Reynaldi Firmansyah mengatakan pihaknya akan segera melakukan penerapan kode akses 017 secara bertahap. "Kita akan lakukan bertahap. Kita dapat jatah sampai tahun 2010," kata Reynaldi.(*)

Copyright © 2007 ANTARA

Tidak ada komentar: