Jumat, 24 Agustus 2007

Kuburan Massal Dinosaurus Ditemukan

Seorang ”pemburu dinosaurus” amatir Swiss menemukan kuburan massal dinosaurus terbesar di Eropa. Kuburan massal makhluk purba tersebut memiliki luas sekitar 1,5 kilometer dan terletak di Desa Frick, di wilayah perbatasan Swiss dengan Jerman.

Kuburan massal dinosaurus terbesar Eropa itu ditemukan secara tidak sengaja. Penduduk Desa Frick menemukan tulang-belulang purba ketika menggali fondasi rumah. Seorang ”pemburu dinosaurus” amatir kemudian meneliti penemuan itu dan kuburan massal tersebut terkuak.

Fosil-fosil yang pertama ditemukan adalah tulang-belulang dua ekor plateosaurus. Berdasarkan penemuan kuburan massal tersebut, para ilmuwan menduga plateosaurus mungkin memiliki habitat yang jauh lebih luas daripada dugaan semula.

”Tulang-belulang satu ekor dinosaurus ditemukan pada setiap 100 meter persegi wilayah kuburan massal ini. Ini adalah kuburan massal dinosaurus terbesar di Eropa karena berisi lebih dari 100 ekor plateosaurus,” tandas ahli paleoantropologi dinosaurus University of Bonn, Jerman, Martin Sander.

Memiliki panjang sekitar 10 meter dari kepala hingga ekor, plateosaurus adalah dinosaurus herbivora (pemakan tumbuhan) yang mencintai perdamaian. Kawanan plateosaurus diperkirakan menguasai delta-delta Sungai Frick pada sekitar 210 juta tahun silam.[snd/jul].

Tidak ada komentar: