Jumat, 24 Agustus 2007

Pendaki Everest Tertua

Pensiunan guru asal Jepang berusia 71 tahun menjadi orang tertua di dunia yang mencapai puncak gunung Everest. Demikian keterangan kelompok pendaki di Tokyo, Selasa (29/5).

Asosiasi pendaki gunung Jepang itu mengatakan, Katsusuke Yanagisawa, mencapai puncak gunung tertinggi di dunia itu pada 22 Mei 2007.

Dia mengaku sangat menikmati sinar matahari di puncak gunung itu selama 30 menit.

“Rasanya amat fantastis,” kata Yanagisawa kepada koran Shinano Mainichi Shimbun, saat dihubungi di hotelnya di Kathmandu, setelah turun gunung.

“Saya senang mencapai puncak, karena setelah itu, hanya tinggal turun,” katanya.

Yanagisawa, yang tinggal di kota pergunungan Nagano, mengalahkan rekor yang diciptakan rekan senegaranya tahun sebelumnya.

“Kami sudah diberitahu bahwa Katsusuke Yanagisawa asal Nagano mencapai puncak dan menjadi orang tertua yang sampai ke sana,” kata juru bicara Asosiasi Pendaki Gunung Jepang.

Yanagisawa mengatakan, dia bersama tim termasuk warga Selandia Baru dan Jepang yang mendaki gunung itu dari arah Tibet.

Dia tiba di Kathmandu Senin, dan akan menyampaikan catatannya untuk membukukan rekornya.
Pada saat mencapai puncak dunia ini, Katsusuke Yanagisawa Tepat berusia 71 tahun 2 bulan 2 hari.
Orang Jepang dikenal sebagai berusia panjang dan meningkat jumlah warga senior yang tetap fit untuk menundukkan puncak gunung setelah pensiun.

Salah satu orang Jepang paling terkenal sebagai penakluk Everest adalah Junko Tabei, yang pada 1975 menjadi wanita pertama sampai di puncak.

Pendaki tertua yang mencapai puncak sebelumnya adalah Takao Arayama, yang berusia 70 tahun ketika mencapai puncak setinggi 8.848 meter itu pada Mei 2006.
Tapi Takao Arayama berencana untuk kembali mendaki Everest tahun depan ketika dia berusia 75 tahun..!

Tidak ada komentar: